perang dingin "tugas sejarah saya"

No comment yet
PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PASCA PERANG DUNIA SAMPAI PERANG DINGIN

1. PERANG DUNIA DAN PERANG DINGIN

Peristiwa perang dunia I dan II merupakan contoh buruk perkembangan teknologi dan pengetahuan, karena dalam masa itu teknologi hanya digunakan untuk memusnahkan umat manusia. Kemuajuan teknologi tidak digunakan kepentingan damai maupun kesejahteraan umat manusia melainkan digunakan untuk saling menghancurkan. Setelah perang dunia berakhir, persaingan pun tidak berhenti, dunia di hadapkan dua blok Negara, yakni blok barat yang dipimpin Amerika Serikat dan blok timur yang dipimpin oleh Uni Soviet. Dan persaingan antara kedua Negara tersebut sangat jelas.

Setelah perang dunia II, kedua kekuatan ini selalu bersaing memperebutkan pengaruh dunia dengan maksud untuk memperlihatkan kepada dunia kehebatan dan kebesaran blok mereka. Pada masa perang dunia, ilmuan Jerman Profesor Schrefeld melakukan riset untuk membuat senjata gas beracun, dan teknologi ini hanya digunakan untuk memusnahkan umat manusia Dan perang senjata pun tidak berakhir pada perang dunia I, namun berlanjut pada perang dunia II yang di menangkan oleh pihak sekutu yang meliputi dari Inggris, Perancis, Uni Soviet, dan Amerika Serikat.

Setelah berakhirnya perang dunia II, Negara yang terlibat, melakukan upaya perdamaian melalui perjanjian perdamaian., namun tidak berhenti sampai disini kedua blok medirikan pertahanan masing masing, yaitu NATO (blok barat) dan Pakta Wangsa (blok timur), ini memicu terjadi saling curiga antara kedua blok. Masing-masing diliputi oleh suasana perang dingin

Persaingan kedua Negara tersebut membuat suasana panas yang mengarah pada peperangan, dan dampaknya dirasakan oleh berbagai Negara, contohnya perang antara Vietnam dan Korea dengan tidak jelas kekuatan peran dibalik peperangan tersebut adalah ke-2 blok tersebut, maka muncul istilah perang dingin (cold war). Dan puncaknya adalah pada perlombaan senjata nuklir dan perlombaan ruang angkasa antara kedua blok.
2. PERKEMBANGAN TEKNOLOGI

1. Perlombaan Senjata Nuklir dan Bahayanya

Perlombaan senjata nuklir antara kedua blok membuat ketegangan yang luar biasa yang menyeret mereka pada perang terbuka dan masyarkat khawatir akan meletusnya perang nuklir yang dahsyat, dan apabila terjadi bisa membahyakan umat manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia Sebagai contoh, ketika rector nuklir Chernobyl meledak pada tanggal 26 april 1986 yang berakibat ratusan orang terkontaminasi zat radio aktif, puluhan orang meninggal dan ratusan ribu orang terpaksa mengungsi.

Kontaminasi akibat ledakan rector nuklir itu menyebabkan cacat kulit pada tubuh. Setelah itu pada tahun 1949 Uni Soviet mengadakan uji coba bom atomnya yang pertama. Dan hasilnya Uni Soviet dengan cepat dapat mengejar ketinggalan Amerika Serikat dan membuat Amerika Serikat merasa khawatir. Pada tahun 1950 presiden Amerika Serikat Harry S. Truman, memerintahkan pengadaan Bom Hidrogen, penelitian itu berhasil dan uji coba dilakukan pada bulan November 1952. tapi 9 bulan kemudain Uni Soviet mampu membuat bom Hidrogen sendiri.

Hingga pada tahun 1983, perbandingan kedua nuklir itu dimenangkan oleh Uni Soviet. Dalam hal kekuatan nuklir medan (theater nuclear), yaitu rudal dan pesawat pengebom yang digunakan untuk menyerang dan melindungi Eropa barat, Uni Soviet memiliki keunggulan nyata, dengan diperkuat mampu dalam senjata Konvensional. Untuk setiap jenis senjata kecuali rudal antitank. Uni Soviet dan sekutunya memilki keunggulan yang menyakinkan. Berikut data persenjataan nuklir



Jenis persenjataan U.S A.S

Rudal balistik berpangkalan di darat 1398 1052

Rudal yang dilontarkan dari kapal selam 989 584

Pesawat pengebom yang berawak dengan rudal 150 376

Kendaraan bolak balik yang bersasaran ledakan ganda bebas 4872 6774

Kekuatan nuklir medan : rudal 850 108

Kekuatan nuklir medan : pesawat pengebom 860 218



Jenis persenjataan U.S A.S

Tank 45.000 17.000

Senjata Artileri 19.400 9.500

Senjata anti pesawat udara 6.500 6.300

Pesawat rudal darat ke Udara 6.300 1.800

Pesawat rudal darat ke Darat 1.200 350

2. Perlombaan Ruang Angkasa

Setelah dunia yang di perebutkan antara kedu blok, kini ruang angkasa yang mejadi perebutan keduanya. Yang berawal dari Uni Soviet yang meluncurkan pesawat Sputnik I tanpa awak kapal (1957) dan disusul Sputnik II yang membawa anjing. Namun tidak lama kemudian Amerika Serikat mengimbangi dengan meluncurkan roket The Vanguard yang membawa Explorer I (1958) lalu Explorer II , Discoverer dan Vanguard. Lalu Uni Soviet meluncurkan Lunik yang berhasil mendarat di Bulan, namun disusul kembali oleh Amerika dengan pendaratan manusia di bulan . persaingan semakin ketat, hingga Uni Sovietpu mendaratkan astronom pertama di bulan (Yuri Gagarin) pada tahun 1934-1968 dengan menggunakan peasawat ruang angkasa Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108 menit (1961). Tak lama kemudian Amerika Serikat menyusul dengan mendaratkan astronom pertama yaitu Alan Bartlett Shepard, jr (1923-1998) yang berada di ruang angkasa selama 15 menit (1961). Tak kalah lagi Uni Soviet menerbangkan Gherman Stepanovich (1935-2000) yang mengitari bumi selama 25 jam dengan pesawat Vostok II. Disusul Amerika Serikat yang meluncurkan John H. Glen dengan pesawat Friendship VII yang berhasil mengitari bumi sebanyak 3 kali. Dan Amerika serikat juga menyelidiki benda-benda ruang angkasa yang letaknya jauh seperti Saturnus, Yupiter, dll.

Dampaknya banyak perkembangan tidak hanya dalam hal teknologi namun pengetahuan umum pun juga mengalami peningkatan, seperti

1. Ekonomi Masyarakat

2. Sosial Masyarakat

3. Budaya Masyarakat

4. Intelektual Masyarakat

Perkembangan teknologi dari perang dunia hingga mengakibatkan perang dingin, mengakibatkan banyak ditemukan pengetahuan teknologi maupun umum yang baru, hingga kini dapat kita rasakan perkembangan teknologi ini.